PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Program Bantuan Pangan Kementan Di Laksanakan Di Kantor Karantina Medan




Menjelang Perayaan Idul Fitri Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia belum mereda, bahkan cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu, hal ini berdampak pada aspek sosial, ekonomi masyarakat.

 

Untuk itu Kementerian Pertanian Republik Indonesia bekerjasama dengan empat Direktorat Jenderal teknisnya (Direktorat Jenderal Tanaman Pangan - Kementan RI, Direktorat Jenderal Hortikultura, Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan) melaksanakan Program Bantuan Pangan bagi Rumah Tangga Penyuluh (THL TB dan POPT/PHP).

 

Karantina Medan dan Balitbangtan BPTP Sumatera Utara turut berpartisipasi membantu dalam pendistribusian program bantuan kementerian tersebut bekerjasama dengan Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara.

 

Pada hari Sabtu (23/5/2020) telah didistribusikan sebanyak 237 paket bantuan pangan untuk THL Penyuluh tenaga penyuluh POPT/PHP dari 1.220 paket yang sudah disediakan, sisanya nanti dititip di kantor karantina Medan Jl.nDusun Lestari Desa Pasar V Kebun Kelapa Kualanamu dan selanjutnya kembali akan disitribusikan setelah lebaran tepatnya pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020, ujar Kepala Karantina Medan Ir.Hafni Zahara M.Sc selaku koordinator Kostratani Medan Binjai.

 

Paket bantuan pangan yang diberikan berupa Beras Premium 5 Kg, Minyak Goreng 1 liter, Gula pasir 1 kg, Bawang merah 1/2 kg, Bawang putih 1/2 kg, Susu Kental Manis 1 pack dan telur asin 1 pack diserahkan secara simbolik oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sumatera Utara Dr. Khadijah EL Ramija kepada Koordinator Penyuluh Provinsi Sumatera Utara Ir. Desnawati dan diikuti dengan penyerahan dan penandatanganan BAST kepada perwakilan dari beberapa Kabupaten sebagai kelengkapan dokumen. Ada lima kabupaten yang sudah didistribusikan yaitu Deli Serdang, Langkat, Kota Medan, Serdang Bedagai dan Binjai.

 

Dalam kesempatan ini penyuluh perwakilan dari lima Kabupaten/Kota yang sudah menerima menyampaikan apreasiasi yang setinggi- tingginya kepada Bapak Mentan Syahrul Yassin Limpo atas paket bantuan yang diberikan, dan ucapan terima kasih kepada Kepala Karantina Medan yang sudah memfasilitasi tempat untuk pendistribusian bantuan tersebut, yang membuat para penyuluh sangat terharu dan terkesan

 

Demikian berita gembira yang bisa kami bagikan saat ini, selamat menyambut Idul Fitri 1441 H, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan wabah Covid 19 ini segera berakhir.