PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Pengurus Asperindo Medan Apresiasi Layanan Dan SOP Karantina Medan




Pengurus Asperindo (Asosiasi Jasa Pengiriman Ekspress, Pos dan Logistik Indonesia) Wilayah Sumatera mengunjungi kantor Karantina Pertanian MedanĀ  di Pasar V Kecamatan Beringin Deliserdang (28/11). Dalam pertemuan, para pengurus memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuannya terkait layanan Karantina Pertanian Medan dan pendaftaran aplikasi PPK Online serta formula cepat dalam pengurusan sertifikat Karantina. Mardiansyah dari Duta Sarana Indo Cargo yang mewakili humas dan pengurus Asperindo menyampaikan juga bahwa mereka dari pengurus ingin mengetahui bagaimana proses karantina terkait pengiriman melalui penerbangan udara. "Bagaimana prosesnya, jam operasional dan ada beberapa komoditas yang memerlukan waktu tidak keluar sertifikat dan segala macamnya. Namun beberapa poin kita perlu mengetahui layanan atau prosedural yang ada di karantina, karena pengirim yang menggunakan jasa kami sering bertanya, sehingga kami dari Asperindo dapat mengetahui prosesnya, jelasnya.

Ditambahkannya lagi terkait syarat untuk mengajukan aplikasi PPK Online Kemudian Kepala Karantina Pertanian Medan yang diwakili Suwandi APT Madya mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Asperindo. Terkait dengan Layanan Karantina, awalnya kita melakukan layanan dua puluh empat jam, tapi setelah dua tahun ini adanya pandemi covid - 19, layanan kita buka dari pukul 7.30 sampai 20.00 wib, ungkapnya. Terkait formula cepat, Karantina tetap melakukan pemeriksaan komoditas pertanian sesuai SOP, jadi kalo untuk proses cepat harus melengkapi semua persyaratan pemeriksaan termasuk pemeriksaan media pembawa.

Kami juga saat ini sudah ada mobil Sertifikat Keliling (Serli) yang ditempatkan di Istana Maimun Medan. Mobil Serli ini berfungsi membantu masyarakat Medan agar tidak perlu jauh - jauh datang ke Kualanamu bila ingin melalulintaskan komoditas pertaniannya lewat udara, tapi dengan syarat media pembawa yang dikirim harus low risk atau resiko rendah yang tidak memerlukan pemeriksaan laboratorium, tambah Suwandi. Selanjutnya Sahar Panjaitan yang merupakan salah satu admin aplikasi mengatakan persyaratan untuk mengajukan PPK On Line. "Ada dua akun yaitu perseorangan dan perusahaan. Untuk perseorangan tidak bisa diwakilkan, jadi harus langsung orang tersebut yang mengurus barangnya, dan memliki KTP dan NPWP. Sedangkan untuk perusahaan dilampirkan SIUP dan atau NIB, NPWP perusahaan, KTP direktur, dan surat domisili melalui alamat website http://ppkonline.karantina.pertanian.go.id, paparnya. Kunjungan di hadiri JNE,Gatrans, Pia Pratama Cargo, Duta Sarana Logistik, dan pengurus Asperindo lainnya.