PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Nikson Nababan Paparkan Potensi Unggulan Komoditas Pertanian Di Taput Dan Siap Sukseskan Merdeka Ekpor




Dalam rangka kegiatan "Merdeka Ekspor" yang di canangkan Menteri Pertanian tanggal 14 Agustus 2021 di Bali dan turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Plt Karantina Pertanian Medan Iswan Haryanto dan tim kembali melakukan Audiensi dengan Bupati Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) di Rumah Dinas jalan S.Parman Tarutung, yang  disambut langsung oleh Bupati Nikson Nababan serta Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tapanuli Utara Propinsi Sumatera Utara (30/07).
Pada audiensi Iswan Haryanto menyampaikan rangkaian persiapan-persiapan yang telah dilakukan. “Koordinasi ini merupakan persiapan awal untuk mendukung suksesnya kegiatan merdeka ekspor, melalui aplikasi ekspor berbasis digital Imace yang dapat memberikan informasi terkait potensi ekspor di provinsi Sumatera Utara, khususnya di daerah Tapanuli Utara, " tutur Iswan Haryanto.
"Dalam aplikasi I-Mace juga dapat terpantau daerah sebar komoditas ekspor, sehingga  tujuan aplikasi nantinya dapat menjembatani pelaku usaha dan petani dalam perannya meningkatkan perekonomian pertanian, tambah Iswan.
Kemudian Nikson Nababan mengatakan bahwa potensi ekspor daerah Tapanuli Utara adalah penghasil kopi dan kemenyan, kemudian nenas dan cabe, yang dalam satu bulannya dapat berproduksi 20 sampai 30 ton. Untuk itu Nikson sangat berterimakasih kepada tim Karantina Pertanian Medan yang sudah datang, dengan  harapan petani dapat dibantu dan dibimbing terkait teknis giat ekspor. Nikson Nababan juga memastikan akan hadir untuk kegiatan merdeka ekspor di Bali.
Dalam audiensi ikut hadir tim Karantina Pertanian Medan Prima Indra Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Rifky Danial Koordinator Substansi Karantina Hewan, dan tim Gratieks (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian)