PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Jelang Merdeka Ekspor, Tim Karantina Medan Audiensi Dan Sosialisasikan Aplikasi i-Mace Di Kota Binjai




Tim Karantina Pertanian Medan mewakili Kepala Balai (28/07) melakukan audiensi ke kantor walikota Binjai Propinsi Sumatera Utara  yang tujuannya untuk mensosialisasikan Aplikasi i-MACE dan mengundang Walikota Binjai untuk mengikuti kegiatan Merdeka Ekspor yang direncanakan pada tanggal 19 Agustus 2021.

Dalam situasi PPKM Level IV untuk Kota Medan, Pemerintah daerah setempat yaitu Walikota Binjai mendelegasikan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai untuk menerima Tim Audiensi dan Sosialisasi dari Karantina Pertanian Medan.
"Aplikasi i-MACE menyajikan informasi data ekspor pertanian secara real time termasuk negara tujuan dan persyaratan serta tren ekspor dalam 2-3 tahun terkahir, berdasarkan sertifikasi karantina pertanian, "kata tim karantina Suwandi.
"Aplikasi i-MACE akan melakukan pemetaan potensi komoditas pertanian ekspor di daerah sentra dan menjadi input dalam upaya pemberdayaan masyarakat saat  pendampingan langsung di 1.129 desa pendukung Gratieks."tambah Suwandi..
Potensi daerah dimana Binjai Selatan merupakan daerah penghasil Bengkuang dan Ubi Rambat pada saat ini, dimana dalam satu bulannya dapat berproduksi 5-6 ton,  yang nantinya petani dapat dibantu dan dibimbing dalam hal teknis giat Ekspor. 
Diakhir audensi Kepala Dinas berharap agar koordinasi ini dapat terus berlanjut sehingga dukungan dari pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mendukung ekspor komoditas pertanian di kota Binjai dapat terwujud dan dirasakan langsung oleh petani dan masyarakat
Hadir pada acara Sosialisasi i-MACE Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai Agustawan Karnajaya, Kepala bidang Ketahanan Pangan Efendi Tambun, Seksi Pemasaran Diana Barus  dan Tim Karantina Pertanian Medan Sudiwan Situmorang dan Suwandi.