PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan

Kejar Target Gratieks ,Petugas Karantina Kembali Lakukan Pemeriksaan Bunga Chrysanthemum Di Tanah Karo




Tanaman hias sudah pasti memiliki keunggulan dan keindahan sehingga mampu menarik perhatian . Dari berbagai banyak tanaman hias yang ada di Indonesia, salah satu yang patut mendapat perhatian adalah bunga krisan.

Bunga krisan termasuk dalam family Asteraceae dengan nama latin Chrysanthemum indicium L dan masih satu family dengan bunga aster dan daisy. Bunga krisan merupakan tanaman hias yang memiliki keanekaragaman warna dan bentuk bunga. Setidaknya ada lebih dari 70 varietas bunga krisan yang sudah diproduksi melalui program hibridisasi dan mutasi di Kementerian Pertanian.
Selain memiliki keindahan karena keragaman bentuk dan warnanya, bunga krisan juga memiliki kesegaran yang relatif lama dan mudah dirangkai. Keunggulan lain adalah pembungaan dan panennya dapat diatur menurut kebutuhan pasar. Oleh karena itu, jenis bunga ini memberikan hasil yang menggiurkan terhadap potensi pasarnya sebab produk yang dihasilkan selalu terserap pasar, baik lokal maupun pasar internasional.
Untuk mendukung program Kementerian Pertanian yaitu gerakan tiga kali lipat ekspor pertanian (Gratieks), petugas Karantina kembali melakukan tindakan karantina pemeriksaan terhada 4900 batang batang bunga potong Krisan (Chrysanthemum.sp) dengan tujuan Australia. Pemeriksaan dilakukan di desa Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara (17/03).
"Tujuan dari tindakan karantina adalah melakukan pemeriksaan terhadap kesesuaian jenis, volume dan isi. Dan dari hasil pemeriksaan, media pembawa tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan dan Kondisinya juga baik", kata petugas Karantina Yanti Hutagalung,SP